s,s Photobucket l.

Rabu, 28 Juli 2010

PERIKANAN ORGANIK


Budidaya ikan selama ini yang dikenal oleh masyarakat adalah kolam permanen atau kolam terpal yang mana pengolahannya masih tradisional.Saat ini ada sebuah metode baru yang di temukan seorang dokter dari jombang,beliau adalah dokter Sugeng.Dalam seminar beliau mengatakan bahwa dalam mengelola kolam ikan adalah juga harus menjaga keseimbang hayati dalam kolam tersebut maksudnya keseimbangan hayati dalam kolam adalah ekosistim kolam.

Mengenai ekosistim kolam ini haruslah sama dengan ekosistim yang ada di sungai.dengan cara kita juga harus memperhatikan mikro organisme yang ada di dalam kolam tersebutdengan membuatkan rumah untuk tinggal si mikro organisme tersebut.Disini kita menggunakan BIO .

BIO adalah mikro organisme yang hidupnya pada tempat yang kedap udara,dia (BIO) tidak bisa hidup pada tempat terbuka atau terkena sinar matahari secara langsung,mikro organisme ini mempunyai peranan penting dalam kehidupan kolam yang mempunyai fungsi sebagai pengurai semua sisa-sisa makanan yang ada di dalam kolam.Dimana kolam tidak akan berbau walaupun tanpa mengganti air kolam sekalipun.

Penerapan BIO ini terbukti sangat ampuh di terapkan pada kolam permanen ataupun pada kolam terpal,yang man bisa mengurangi tingkat kematian ikan hingga 95%,dan menghemat pakan(petet) hingga 60% karena di sini kita banyak menggunakan kompos sebagai bahan untuk di uraikan mikro organisme hingga menjadi plangton , jasat renik dan tumbuhan air yang berpontensi sebagai bahan makanan untuk ikan.

Kolam yang baik adalah yang terkena secara langung olah sinar matahari,karena agar terjadi foto sintesa sehingga terjadi keaneragam hayati di dalam kolam tersebut.Perikanan organik disini adalah mengutamakan kompos sebagai sumber makanan kehidupan yang ada di dalam kolam.dalam penerapannya sangatlah mudah ,hemat biaya , yang pastinya sangatlah menguntungan bagi petani ikan.

Mengenai penerapan pemakaian BIO ini adalah



  1. Kolam yang masih kosong(belum dikasih air) masukan kompos yang udah matang atau kompos yang sudah jadi.siapkan rumah untuk mikro organisme dalam hal ini bisa di gunakan gorong-gorong yang penting tidak tembus cahaya dan kedap udara.baru masukan air.Untuk air disini di harapkan bukan air dari PDAM,kenapa ??? pada air PDAM mengandung kaporit yang dapat mematikan mickro organisme dalam hal ini BIO .

  2. Pemberian BIO ini di haruskan pada malam hari,kenapa pada malam hari karena pada malam hari suhu yang ada pada dasar kolam dengan yang ada di atas kolam hampir sama.Biarkan selama 2 minggu hingga ada kehidupan dalam air,baru bibit ikan di masukan ke dalam kolam.
Ciri-ciri kolam bermasalah adalah


  1. Kolam berbau busuk.

  2. Banyak ikan yang mabuk/stress.

  3. Kurangnya kandungan oksigen pada kolam sehingga banyak ikan yang muncul kepermukaan.

Solusinya adalah


  1. Koreksi regurator air pada kolam.

  2. kuras air kolam,biarkan terkena panas matahari/jemur.

salam kami dari FK-PPPI (Forum Komunikasi Petani Peternak dan Pembudidaya Ikan) Kab, NGAWI.

NB: Apabila ada kesulitan dalam mendapatkan BIO kami bisa membantu anda
hub,kami di 0351 7509532

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com